KARAKTERISTIK PENDIDIKAN KEWARGANEGRAAN

“KARAKTERISTIK PENDIDIKAN KEWARGANEGRAAN ( PKn )”

Karakteristik dapat diartikan sebagai ciri-ciri atau tanda yang menunjukan suatu hal berbeda dengan lainya. PKn sebagai mata pelajaran yang sangat penting bagi siswa memiliki karakteristik yang cukup berbeda dengan cabang ilmu pendidikan lainnya. Karakteristik PKn ini dapat dilihat dari objek, lingkup materinya, strategi pembelajaran, sampai pada sasaran akhir dari pendidikan ini. Pendidikan kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang
diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945.
Adapun karakteristik Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah :
1. PKn termasuk dalam proses ilmu sosial (IPS)
2. PKn diajarkan sebagai mata pelajaran wajib dari seluruh program sekolah dasar sampai perguruan tinggi
3. PKn menanamkan banyak nilai, diantaranya nilai kesadaran, bela negara, penghargaan terhadap hak azasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, serta sikap dan perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.
4. PKn memiliki ruang lingkup meliputi aspek Persatuan dan Kesatuan bangsa, Norma, hukum dan peraturan, Hak asasi manusia, Kebutuhan warga negara, Konstitusi Negara, Kekuasan dan Politik, Pancasila dan Globalisasi
5. PKn memiliki sasaran akhir atau tujuan untuk terwujudnya suatu mata pelajaran yang berfungsi sebagai sarana pembinaan watak bangsa (nation and character building) dan pemberdayaan warga negara.
6. PKn merupakan suatu bidang kajian ilmiah dan program pendidikan di sekolah dan diterima sebagai wahana utama serta esensi pendidikan demokrasi di Indonesia.
7. PKn mempunyai 3 pusat perhatian yaitu Civic Intellegence (kecerdasan dan daya nalar warga negara baik dalam dimensi spiritual, rasional, emosional maupun sosial), Civic Responsibility (kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang bertanggung jawa dan Civic Participation (kemampuan berpartisipasi warga negara atas dasar tanggung jawabnya, baik secara individual, sosial maupun sebagai pemimpin hari depan)
8. PKn lebih tepat menggunakan pendekatan belajar kontekstual (CTL) untuk mengembangkan dan meningkatkan kecerdasan, keterampilan, dan karakter warga negara Indonesia. Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari
9. PKn mengenal suatu model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique/Teknik Pengungkapan Nilai), yaitu suatu teknik belajar-mengajar yang membina sikap atau nilai moral (aspek afektif).
Dari karakteristik yang ada, terlihat bahwa PKn merupakan mata pelajaran yang memiliki karakter berbeda dengan mata pelajaran lain. Walaupun PKn termasuk kajian ilmu sosial namun dari sasaran / tujuan akhir pembentukan hasil dari pelajaran ini mengharapkan agar siswa sebagai warga negara memiliki kepribadian yang baik, bisa menjalankan hak dan kewajibannya dengan penuh kessadaran karena wujud cinta atas tanah air dan bangsanya sendiri sehingga tujuan NKRI bisa terwujud. Seperti yang diungkap oleh Dra. Hj. Fitri Eriyanti, M.Pd.,Ph.D (Dosen Pascasarjana UNP kosentrasi PKn) bahwa setiap negara pasti memiliki tujuan, hanya warga negara yang baiklah yang dapat mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu PKn memiliki peran yang sangat besar untuk membentuk siswa menjadi warga negara yang bisa mengemban semua permasalahan negara dan mencapai tujuan negaranya.
Keberadaan PKn dengan karakteristik seperti ini mestinya menjadi perhatian besar bagi masyarakat, komponen pendidik dan negara. Hal ini disebabkan karena PKn banyak mengajarkan niai-nilai pada siswanya. Niai-nilai kebaikan, kebersamaan, pengorbanan, menghargai orang lain dan persatuan ini jika di tanamkan dalam diri siswa bisa menjadi bekal yang sangat berhagra dalam khidupan pribadi maupun berbangsa dan bernegara. Siswalah yang akan menjadi cikal bakal penerus bangsa dan yang akan mempertahankan eksistensi negara maka dari itu mereka sangat memerlukan pelajaran PKn dalam konteks seperti ini.
John J. Patrick dalam tulisan ‘Konsep inti PKn’ mengatakan PKn memiliki kriteria dimana diartikan berkenaan dengan kepentingan warga negara. Ada 4 kateori yaitu pengetahuan kewarganegaraan dan pemerintahan, keahlian kognitif warga negara, keahlian partisipatori dan kebaikan pendidika kewarganegaraan. Jika empat kategori ini hilang dari kurikulum PKn makan PKn dapat dianggap cacat.
Walaupun pemerintah sudah memberi perhatian besar pada pelajaran PKn, semua itu tidak akan cukup jika komponen pendidik, siswa, orang tua, dan masyarakat tidak berpadu untuk bekerjasama menjalankan inti pelajaran PKn ini. Berkaitan dengan kandungan nilai-nilai dalam PKn saja misalnya, banyak guru yang luput mengajarkan nilai-nilai kehidupan pada saat mengajar karena terburu dengan meteri sesuai kurikulum, siswa belajar hanya orientasi materi sehingga civic intelligent saja yang terpenuhi. Meskipun materi PKn saat ini tidak banyak mencantumkan secara konkret nilai-nilai kehidupan dalam silabus pengajaran, semsetinya guru mampu berperan memasukan nilai-nilai ini sebagai hiden curicullum bagi siswa.

Bhs. Indonesia

  Definisi iklan,pidato dan puisi

I. Iklan Iklan ialah informasi yang disajikan lewat media massa, buletin atau surat edaran yang bertujuan untuk memberitahukan atau mempromosikan suatu barang atau jasa kepada khalayak untuk kepentingan bisnis, pengumuman, atau pelayanan publik. Iklan terdiri atas iklan keluarga, undangan, pengumuman, penerangan, niaga, lowongan pekerjaan, dan sebagainya.
Ciri-ciri bahasa iklan:
(1) Kalimatnya  singkat; hanya menonjolkan bagian-bagian yang dipentingkan,
(2) Uraian bersifat informatif dan persuasif,
 (3) Menggunakan kata-kata yang terpilih dan menarik perhatian orang untuk mengetahui, mencoba, atau ingin memiliki,
J.  Pidato atau khotbah.  Pidato ialah aktivitas mengungkapkan pikiran, ide, gagasan secara lisan dalam bentuk rangkaian kata-kata atau kalimat kepada orang banyak dengan tujuan tertentu. Pidato biasanya dilakukan dalam acaraacara resmi, seremonial, dan pertemuan-pertemuan ilmiah. Pidato merupakan bentuk komunikasi satu arah karena terdiri atas pemberi pidato satu orang dan orang banyak sebagai pendengar.  Bahasa dan isi pidato disesuaikan dengan pendengar (audience) berdasarkan, tingkat pemikiran atau pendidikan, usia, dan topik pembicaraan. Bagian-bagian pidato ialah seperti berikut.
 1. Bagian pembukaan berisi:
(1) salam pembuka
(2) ungkapan sapaan
(3) puji syukur kepada Tuhan
(4) penegasan konteks pertemuan atau acara 
2. Bagian isi berisi uraian pidato sesuai dengan yang telah direncanakan atau ingin disampaikan. 
3. Penutup pidato, berisi:
(1) kesimpulan isi pidato
(2) harapan-harapan atau himbauan
(3) ucapan  terima kasih dan permohonan maaf
(4) salam penutup
 Beberapa hal berikut harus diperhatikan dalam menyimak pidato.
1. Simaklah isi pidato dengan saksama dari awal hingga akhir.
2. Pahami gagasan, pendapat, atau pesan yang disampaikan dalam pidato. 
3. Ingatlah atau catatlah hal-hal penting yang terdapat dalam uraian pidato dan beri komentar.
E. Memahami  Puisi 
      1. Pengertian Puisi  Belum ada definisi yang baku untuk memaparkan pengertian puisi. Puisi adalah salah satu bentuk karya sastra yang berbeda dari bentuk sastra lain seperti prosa dan drama.
Puisi terikat oleh
(1) baris dalam tiap bait,
(2), banyak kata atau suku kata dalam setiap baris, 
(3) rima, dan
(4) Irama.
         Bahkan pada jenis puisi tertentu ada keterikatan pada persajakan seperti, a,a,a,a atau a,b,a,b, misalnya pantun dan syair. Puisi dengan persyaratan seperti di atas merupakan bentuk puisi lama. Puisi yang berkembang saat ini tidaklah lagi mematuhi persyaratan atau keterikatan pada hal-hal tersebut.
SENYUM DAN TAWAMU
Dalam senyummu yang khas
ternyata pikiranmu seperti benang kusut
Dalam tawamu yang riang
ternyata pikiranmu penuh berbagai urusan
Oh .....Papa, jangan bohongi aku
2. Hakikat Puisi  Puisi bukan lagi sebuah bentuk karya sastra yang kaku dan penuh persyaratan. Puisi dalam pengertian modern adalah puisi yang bebas. Puisi merupakan aktualisasi ekspresi dan ungkapan jiwa penulisnya.
a. Sifat atau Fungsi Seni
b. Kepadatan
c. Ekspresi Tidak Langsung

BHS. INGRIS


Soal latihan.
1.Dewi: "Do you think we can get there on time?"
Anto: "Yes. If the traffic is smooth, ... before three o’clock."
    1. we would arrive
    2. we will arrive
    3. we would have arrived
    4. we are arriving
2.Shop assistant: "May I help you, Sir?"
Customer: "Yes. I bought this pair of trousers this morning, but there is no button hole. ...?"
Shop assistant: "Do you have the receipt with you, Sir? We’ll replace it."
    1. May I return it?
    2. Do you like it?
    3. May I have a bigger size?
    4. Is there another color available?
3.Hani: "This printer doesn’t seem to be working."
Rika: ".... It may have been unplugged."
Hani: "You’re right. Maybe someone used it with a laptop computer."
    1. Cut the cable.
    2. Check the cord.
    3. Unplug the cord.
    4. Use it for printing.
4.Man: "Excuse me. Could you tell me how to get to the post office, please?"
Woman: "...."
    1. It’s next to the police station.
    2. Go straight ahead and turn right at the first crossroad.
    3. It’s around the corner from the station.
    4. It is located across from the shopping center.
5.Boim: "It’s very hot in this room."
Inna: "Yes, I know. If we had more windows, ...."
    1. we will have more fresh air.
    2. we would have more fresh air.
    3. we will have had more fresh air.
    4. we would have had more fresh air.
6.Tini: "My friends and I are going on a picnic this weekend. ...?"
Tina: "I’d love to, but I have to go to Surabaya this weekend."
    1. Are you going to Surabaya this weekend?
    2. Did you go with us?
    3. Will you go with us?
    4. Do you like going on a picnic?
7.Yeni: "Do you have any plans for the weekend?"
Lusi: "Yes. ...."
    1. I will visit my uncle in Situbondo.
    2. I won’t do anything.
    3. I went to Surabaya on business for 3 days.
    4. I have been typing the document for an hour.
8.Olga: "Have you heard the bad news about Novi?"
Julia: "What happened to her?"
Olga: "She had a motorcycle accident yesterday."
Julia: "...."
    1. I feel very sorry for you.
    2. I’m really sad now.
    3. I’m glad to hear that.
    4. I’m sorry to hear that.
9.Rudi: "I am looking for a job. Do you have any information?"
Aini: "... to BKK? They have the latest job-vacancy information."
Rudi: "Good idea. I’ll go there tomorrow."
    1. Should I go
    2. May I go
    3. Why didn’t you go
    4. Why don’t you go
10.Wiwit: "What did you usually do after school as a kid?"
Yana: "...."
A. I am used to playing football in the afternoon
B.I wanted to play games.
C. I used to play with my friends in the neighborhood.
D. I was going to do my homework when my friend arrived

Pendidikan Agama Islam


 Pada hari ini saya hanya mengerjakan latihan soal.
1. jelaskan apa yang dimaksud dengan bertoleransi beragama?
2. buatlah 2 contoh praktis bentuk toleransi beragama?
3. jelaskan maksud dari surah yunus ayat 40-41?
4. bangaimana hukum nikah antara orang yang berbeda agama? jelaskan dan sebutkan pula salah satu keputusan MUI sebagai dasar argumentasi anda?
5. jelaskan maksud dari pernyataan menjadi mukmin atau kafir adalah sebuah pilihan, dengan mengacu pada salah satu ayat?
6. bangaimana pendapat anda terhadap orang yang merusak tempat ibadah dengan bertakbir karena tidak sealiran jelaskan dengan disertai ayat/hadis yang menjadi referensinya?
7. apa yang anda ketahui tentang EQ dan SQ! jelaskan?
8. bangaimana penerapan EQ dan SQ dalam usaha menciptakan kerukunan antara umat beragama jelaskan dan berilah contoh yang konkret? 
9. temukan beberapa ayat al-qur'an yang menjelaskan tentang toleransi antara umat beragama?
10. tuliskan qs. al-kafirun 109 : 1-6 lengkap dengan artinya


jawaban :


1.Toleransi beragama adalah suatu sikap yang saling menghargai, dan menghormati umat yang beragama lain dan tidak memaksa umat beragama lain untuk masuk keagama lain atau suatu agama tidak boleh menjalek-jelekan agama lain dan mendiskrminasi agama lain
2.(a) tidak menjelak jelekkan agama lain
   (b) tidak memaksa agama lain pindah keyakinan
3.surah yunus ayat 40-41 menjelaskan tentang didunia ada 2 golongan, yaitu golongan orang-orang yang beriman kepada al-qur'an dan golongan yang tidak beriman kepada al-qur'an.
4. Larangan perkawinan  antar  pemeluk  agama  yang  berbeda  itu agaknya  dilatarbelakangi  oleh  harapan akan lahirnya sakinah dalam keluarga. Bagaimana mendidik anak-anak mereka.karena pada dasarnya seorang anak akan kebingungan untuk mengikuti ayahnya atau ibunya.Perkawinan baru  akan  langgeng  dan  tenteram jika  terdapat  kesesuaian  pandangan  hidup  antar  suami dan istri, karena jangankan  perbedaan  agama,  perbedaan  budaya, atau  bahkan  perbedaan  tingkat  pendidikan  antara suami dan istri pun tidak  jarang  mengakibatkan  kegagalan  perkawinan.
7.- Kecerdasan Spiritual (SQ) adalah kemampuan seseorang untuk mengerti dan memberi maknapada apa yang di hadapi dalam kehidupan, sehingga seseorang akan memiliki fleksibilitas dalam menghadapi persoalan dimasyarakat.
-Kecerdasan Emosional (EQ) adalah kemampuan mengenali perasaan sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri, serta kemampuan mengolah emosi dengan baik pada diri sendiri dan orang lain.

KKPI

Macam-macam topologi jaringan :

1. Topologi bus
2. Topologi star
3. Topologi ring

   merupakan salah satu topologi jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dalam satu rangkaian melingkar mirip dengan cincin

    biasannya topologi ini menggunakan LAN card untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lain.

  kelebihan :
1. memiliki performa yang lebih baik dari pada topologi bus
2. mudah di implementasikan
3. konfigurasi ulang dan instalsi perangkat baru bisa dibilang cukup mudah
4. biaya instalasi cukup murah

kekurangan :
1. kinerja komunikasi dalam topologi ini dinilai dari jumlah atau banyaknya titik atau node
2.troobleshooting bisa dibilang cukup rumit
3.jika salah satu kabel putus maka koneksi yang lain juga ikut terputus
4.pada topologi ini biasanya terjadi collision (tabrakan data)

4. Topologi mesh
merupakan bentuk topologi yang cocok dalam hal pemilihan rute yang bayak. hal tersebut berfungsi sebagai jalur back up pada saat jalur line mengalami masalah.
a. kelebihan :
1. jalur pengiriman data yang digunakan sangat banyak, jadi tidak perlu khawatir akan adanya tabrakan data(collision)
2. besar bandwitch yang cukup lebar
3. keamanan pada topologi ini bisa dibilang cukup baik

kekurangan :
1.proses instalasi jaringan pada topologi ini sangat rumit
2.membutuhkan banyak kabel
3.memakan biaya intalasi yang sangat banyak di karenakan membutuhkan banyak kabel

5. Topologi peer to peer
 
    merupakan topologi yang sangat sederhana dikarenakan hanya menggunakan 2 komputer untuk saling terhubung. pada topologi ini biasanya menggunakan satu kabel yang menghubungkan antara komputer untuk melakukan proses pertukaran data.

FISIKA

Hukum Khirchof
 
1.  Hukum 1 kirchoff
“Arus Total yang masuk melalui suatu titik percabangan dalam suatu rangkaian listrik sama dengan arus total yang keluar dari titik percabangan tersebut.”

2. Hukum 2 kirchoff
“Total beda potensial atau tegangan pada suatu rangkaian tertutup adalah nol”
di rumuskan :


∑ ƹ+∑ R.i = 0
  
ket :∑ = sigma = jumlah
        ƹ = beda potensial/tegangan listrik
        R = hambatan listrik
         i = kuat arus
Perjanjian tanda +/- 1. jika panah loop bertemu kutub (-), GGL ditulis +E 2. jika panah loop bertemu kutub (+), GGL ditulis -E 3. jika arah arus searah dengan arah loop , maka i ditulis +i 4. jika arah arus berlawanan dengan arah loop , maka i ditulis -i

Memahami Cara Penggunaan Tata Cahaya

Pada jam pertama kami belajar tentang tata cahaya, kemudian kami diberi pertanyaan, pertanyaannya yaitu, apa itu cahaya? dan diantara kami ada yang menjawab cahaya itu adalah sinar,lighting,api,kunang-kunang,lava,magma dan jawabannya semua hampir benar namun guru yang membawa materi meluruskan bahwa cahaya itu adalah kumpulan elektromagnetik.

Ada dua macam cahaya yang ada didunia:

  1. cahaya natural yaitu cahaya yang bersumbar dari alam.
                  contohnya : Matahari dan api abadi.
  2. cahaya buatan yaitu cahaya yang di buat dari hasil buatan manusia.
                  contohnya : lampu senter